Teh Susu Telur atau TST khas Sumatera

 hai hai, ini mbak E. Apa kabar semua semuanya? Semoga dalam keadaan baik, sehat, dan good kantong yaa. 

Pada artikel ini mbak E mau berbagi tentang salah satu minuman yang sangat terkenal di warung warung kopi di Medan. Ya, sesuai dengan judulnya yaitu Teh Susu Telur. 

Siapa yang pernah mencicipi minuman lezat ini? Biasanya sih, yang hobi jalan-jalan malam di Medan atau sering menonton siaran bola bareng teman-teman bakal sering mengonsumsi minuman teh susu telur. Untuk menemukan minuman tradisional ini di Medan, singgahlah ke sepanjang jalan Tanjung Balai, Padang Lawas Utara, Samosir, juga Tanah Karo.




Meski dikenal di wilayah utara Sumatera, susu ini sebenarnya berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Di sana, Teh Susu Telur disebutnya Teh Talua (teh telur), yang dibuat dengan mencampur kuning telur buras dengan gula pasir, aduk sampai berbusa. Lalu, seduh dengan teh panas dan ditambahkan susu kental manis. Biasanya, orang sana meminum Teh Talua sambil ma hota alias ngobrol-ngobrol di lapau atau kedai. Budaya ini menjadikan Teh Talua dan ma hota tak terpisahkan.

Tenang, nggak perlu jauh-jauh ke Medan, bikin saja sendiri di rumah. Caranya mudah, siapkan saja TST alias teh, susu, dan telur. Telurnya menggunakan telur ayam kampung, susunya bisa susu sapi atau kaleng. Pertama, ambil kuning telur dan kocok hingga kental, lalu campur dengan separuh gelas susu dan aduk sampai rata. Minuman mengenyangkan sekaligus bergizi ini bisa kamu minum pada pagi atau malam, atau kapan saja saat kamu butuh tambahan tenaga untuk beraktivitas!

Komentar