Pakkat, Makanan dari Rotan Muda Khas Mandailing

hai hai, ini mbak E. Pada artikel kali ini, mbak E mau berbagi informasi seputar salah satu makanan khas daerah dari Batak Mandailing yang unik dan enak. 

Ya, sesuai dengan judulnya, nama makanan ini adalah Pakkat. 

Pakkat adalah makanan tradisional khas Mandailing, Sumatera Utara. Pakkat itu sendiri adalah pucuk rotan muda yang dibakar. Pakkat biasanya ramai pada saat bulan Ramadhan sebagai menu lalapn saat buka puasa. 

Pakkat memiliki cita rasa pahit dan pekat ketika dicicipi dan biasanya dihidangkan sebagai pengganti nasi atau dimakan bersama arsik ikan mas atau ikan jurung santan. 



Diceritakan secara turun temurun oleh masyaratak Mandailing, bahwa Pakkat awalnya ditemukan secara tidak sengaja oleh masyarakat adat yang bekerja membangun jalan di kampungnya pada zaman kolonial. Saat itu, makanan sulit diperoleh dan mereka ke hutan untuk mencari sumber makanan. 




Sekelompok pemuda menemukan tanaman dengan bagian bawah yang keras namun pucuknya lembut. Mereka kemudian memasak tanaman ini dengan cara memotong di bagian ujung, dikupas kemuidan daging bagian dalam diambil dan merebusnya. Makanan inilah yang menjadi makanan pokok bagi mereka yang ketika membangun jalan. 

Komentar