Kopi Sidikalang Medan Sejak 1945

hai hai, ini mbak E. Apa kabar nih sobatqu semua? Apakaah ada yang suka kopi? minum kopi? Hem, udah mencoba kopi dari mana saja nih? Udah pernah mencoba kopi sidikalang belum? yuk, kita bahas!



Kopi sidikalang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Sumatra memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di dunia. Sebut saja kopi Gayo dari Aceh, Sidikalang dari Medan, dan Lintong. 

Kopi Gayo mungkin paling dikenal luas, bahkan kopi ini jadi salah satu kopi termahal di dunia. Kopi Gayo dikenal karena aromanya yang khas dan nikmat. Sedangkan kopi Lintong memiliki karakter yang mirip dengan kopi Sidikaang karena tempat tumbuhnya berdekatan, tepatnya di daerah Bukit Barisan. Sementara itu, kopi Sidikalang berasal dari Kabupaten Dairi, sedangkan kopi Lintong dari daerah Lintong Nihhuta. 

Kopi Sidikalang Medan memiliki ciri khas aroma yang tidak terlalu menyengat, tingkat keasaman rendah, dan rasa kopi yang cenderung pahit seperti dark chocolate. Menurut sejarahnya, kopi Sidikalang Medan mencapai puncak popularitasnya sekitar akhir 90-an. 

Kopi Sidikalang bisa dibilang sangat menarik karena varian arabika ataupun robustanya banyak digemari. Kopi Sidikalang arabika premium banyak diekspor ke luar negeri, khususna negara - negara Eropa. 

Komentar