Bandrek, Minuman Rempah Tradisional ala Sumatera

hai hai, ini mbak E. Pada postingan ini, mbak E mau berbagi informasi mengenai salah satu minuman hangat yang enak dan nikmat. 


Bandrek merupakan minuman tradisional khas Sunda yang dikonsumsi untuk meningkatkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. 




Bandrek Aceh dan bandrek Medan memiliki rasa yang spesial atau berbeda dengan bandrek di Jawa. Kalau bandrek Medan atau Aceh rasanya lebih pedas dan biasanya dicampur telur sebagai pemulihan daya tahan tubuh. Rasa pedas ini dari jahe yang banyak dan ditambah dengan rempah - rempah seperti merica dan kayu manis. Sebagai menu pelengkap bandrek Medan ada kacang tanah, ubi rebus, dan jagung rebus. Sangat cocok diminum pada sore atau malam hari. 

Biasanya menu bandrek di Jawa terdapat di angkringan seperti nasi kucing atau tempat khusus angkringan minuman rempah yang saat ini lagi ramai diperbincangkan. Kalau badan lagi tidak enak habis kehujanan, kamu bisa membuat minuman bandrek ini untuk menjaga daya tahan tubuh dari penyakit seperti flu dan batuk. Sekarang ada juga bandrek instan, namun rasa jahenya tidak terlalu terasa jika dibandingkan membuat sendiri. Alangkah baiknya jika kamu mencoba membuat bandrek sirumah untuk keluarga. 




Komentar