Proses Pembuatan Susu Kerbau Orang Batak

hai hai, ini mbak E. mbak E mau nanya nih. penah denger susu kerbaunya orang Batak ga? ituuu yang naanya Dali ni Horbo.. 

mbak E mau kasi tau gimana cara pembuatannya. simak yaa!

       Terbuat dari bahan dasar susu, membuat Dali no Horbo memiliki banyak kandungan gizi. Kandungan gizi yang terdapat pada Keju Batak ini, tidak jauh berbeda dengan kandungan gizi yang terdapat pada susu lainnya seperti lemak, karbohidrat dan protein. Satu hal yang unik dari Keju Batak ini adalah proses pembuatannya diolah dengan sederhana menggunakan peralatan tradisional dan tidak menggunakan unsur kimia sama sekali.



Dali ni Horbo asli yang berada di Tanah Batak biasanya dimakan tanpa nasi atau bisa juga dihidangkan dengan makanan khas lainnya yang dapat membuat lidah merasakan nikmat yang luar biasa. 

Proses pembuatan Dali Ni Horbo terbilang cukup mudah dan sederhana. Susu hasil perahan direbus sekitar 10 menit dalam wadah yang steril dengan menambahkan air nenas untuk membantu pengentalan susu serta mengurangi aroma amis. Bisa juga dicampur dengan air perasan daun pepaya. Dalam proses pemasakan, biasanya akan muncul buih - buih pada bagian atas susu yang sedang dimasak. Buih - buih ini harus diambil sedikit demi sedikit hingga perlahan - lahan susunya akan mengental. Setelah 10 menit, Dali Ni Horbo siap untuk disajikan dan langsung bisa disantap. 

Jika Anda ingin mendapatkan makanan ini, Dali ni Horbo banyak tersedia dibeberapa kawasan pasar tradisional Sumatera Utara, khususnya daerah yang berada di sekitar Danau Toba, mulai dari Parapat, Tarutung hingga ke Pulau Samosir.

Hampir semua rumah makan di daerah tersebut menyajikan makanan ini. Harga yang akan Anda dapatkan pun bervariasi, mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 15.000, tergantung dari kualitas Dali nya. 

Komentar