Naniura itu Apa sih?

Olahan Ikan yang Dimasak Tanpa Api 

https://postimg.cc/0bV5K97c 


Masak ikan tanpa api? Emang ada? Ada dong. Kalau kata orang - orang, ini adalah sushinya orang Batak. Jadi bukan hanya negara Jepang saja yang memiliki olahan ikan tanpa dimasak, Indonesia juga punya. Hanya saja yang membedakan adalah sushi Jepang tidak banyak bumbu sedangkan Batak memiliki banyak bumbu. Olahan ikan ini disebut dengan Naniura. 

Pada umumnya, ikan yang digunakan adalah ikan mas mentah, lalu durinya dibersihkan hingga semuanya bersih. Agar nanti bumbu bisa meresap dengan baik, ikan dibelah dua. Ikan mas ini dimatangkan dengan direndam dengan air jeruk purut sehingga aroma dan rasa amis bisa hilang.

Konon, di zaman Raja-Raja Batak di Tapanuli, naniura dijadikan sebagai makanan istimewa yang dihidangkan khusus untuk menjamu para raja. Bahkan, hanya koki atau juru masak kerajaan yang boleh membuat ikan naniura. Sehingga kuliner ini begitu terasa elit. Namun tidak diketahui, tentu butuh riset mendalam, sejak kapan naniura mulia bisa dicicipi bahkan dibuat sendiri oleh rakyat biasa. 

Dibandingkan kuliner lainnya, resep naniura mengandalkan bahan-bahan alam. Dan semua resep itu terjadi di sekitar kita. Kacang tanah, kecombrang, cabai, kunyit dan andaliman adalah tanaman-tanaman yang mudah ditemukan di daerah Tapanuli. Tumbuhan-tumbuhan rempah-rempah ini kaya manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh.


Komentar