Itak Gur - Gur

Makanan Khas Daerah yang Berbentuk Tangan 

https://postimg.cc/mcdPbbhx


Emang ada ya makanan yang berbentuk tangan? Iya, ada. Namun bukan berbentuk dengan ada jari - jari nya. Nama makanannya adalah Itak Gur - Gur atau bisa disebut dengan Poul - Poul. Uniknya makanan ini bisa dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu. 

Itak Poul Poul atau Itak Gur Gur merupakan sebutan untuk penganan atau kue tradisional berbahan dasar tepung, adapun poul adalah kepal. Jika ditranslasikan ke dalam bahasa Indonesia, maka itak poul poul berarti penganan/kue yang dikepal. Penamaan penganan khas Mandailing (salah satu etnis di Provinsi Sumatera Utara) ini merujuk kepada cara pembuatannya yang menggunakan tangan, dengan cara dikepal, tidak menggunakan cetakan kue sebagaimana lazimnya. Jadi, maksud dari penganan/kue yang dikepal bukanlah penganan/kue yang ada di kepalan tangan, akan tetapi itak poul poul merupakan nama penganan khas dari Mandailing. 

Itak Poul Poul ini dahulunya juga biasa dijajakan di pasar-pasar tradisional, juga di beberapa kedai kopi tradisional itak poul poul ini akan selalu terhidang sebagai penganan pendamping secangkir kopi. Bahan dasar pembuatan itak poul poul sangatlah sederhana, hanya terdiri dari tepung beras, gula aren/merah, kelapa parut, dan garam. 


Komentar